Merantau Demi Cita-Cita


Momok yang paling “menakutkan” bagi siswa kelas 3, ujian akhir nasional (UAN) sudah di depan mata. Tahun 2010 ini, UAN akan dilaksanakan pada 22 – 26 Maret 2010 untuk SMA/SMK/SMALB. Berbagai persiapan dilakukan agar bisa melewati nilai standar kelulusan yang telah ditetapkan oleh Departemen Pendidikan Nasional. Tentu tak hanya itu, kelas 3 SMA adalah fase yang menentukan masa depan, apakah langsung kerja atau melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Kalau melihat lowongan pekerjaan yang banyak mensyaratkan lulusan D3 dan S1, agaknya mencukupkan diri dengan ijazah SMA membuat peluang meraih pekerjaan yang layak menjadi sulit. Oleh karena itu, pilihan untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi adalah pilihan yang tepat, meskipun harus memakan biaya dan waktu yang tidak sedikit. Kuliah di perguruan tinggi memang berkorelasi dengan pengeluaran yang besar. Namun, bagi siswa-siswi yang berprestasi, mereka bisa memanfaatkan berbagai macam beasiswa yang ditawarkan baik oleh pemerintah maupun institusi swasta.


Melihat persaingan dunia kerja yang begitu ketat, maka pemilihan universitas dan jurusan menjadi sangat penting. Terpaku pada rumus-rumus lama bahwa jurusan tertentu punya kans yang cukup besar, agaknya sudah tak zamannya lagi. Para alumni SMA harus cerdas memilih universitas dengan lingkungan akademis yang bagus. Sehingga ia mampu mengembangkan potensi diri dan bisa menguasai hal-hal baru.

Yogyakarta tetap menjadi pilihan lulusan SMA-SMK dari seluruh Indonesia. Predikat sebagai kota pendidikan masih tetap dipertahankan oleh kota kecil bekas Kerajaan Mataram ini. Ada Universitas Gadjah Mada yang menjadi pemuncak perguruan tinggi di Indonesia menurut badan riset perguruan tinggi tingkat internasional, Webometrics. Ada Universitas Negeri Yogyakarta, yang menjadi universitas keguruan favorit di tanah air, dimana tokoh Minangkabau Prof. Dr. Syafi’I Ma’arif merupakan staf pengajar di universitas ini. Ada Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, yang banyak menelorkan intelektual muslim yang tidak hanya berkibar di Indonesia, tapi juga merambah ke tingkat dunia, salah satunya putra Minangkabau Prof. Dr. Yunahar Ilyas, Lc., yang saat ini menduduki posisi sebagai Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Ada Institut Seni Indonesia, yang menjadi kiblat para akademisi seniwan dari seluruh Indonesia dan menjadi pemasok dosen-dosen STSI Padang Panjang.

Siswa-siswi terbaik dari Sumatera Barat dari tahun ke tahun telah menjadi bagian dan menikmati dinamika intelektual di 4 perguruan tinggi ternama di Yogyakarta ini. Berkat pembelajaran yang sudah bertaraf internasional, kompetensi para lulusan perguruan tinggi ini tidak hanya sebatas menjadi pegawai negeri biasa, tapi merambah perusahaan multinasional. Hampir setiap hari seminar, workshop, diskusi ilmiah berlangsung di kampus. Tempat belajar akan banyak hal tersebar dengan biaya murah, bahkan gratis.

Tidak hanya pendidikan berstandar tinggi yang dikembangkan oleh perguruan tinggi ini, namun nuansa kelembutan dan sopan santun ala Jawa membuat para pendatang merasa kerasan tinggal di Yogyakarta. Biaya hidup yang masih murah menjadikan Jogja semakin layak untuk dijadikan tujuan pendidikan.

Jadi, buat teman-teman siswa-siswi SMA yang akan lulus tahun ini segeralah mempersiapkan diri untuk menjadi bagian dari civitas akademika perguruan tinggi beken di Jogja. Adapun jadwal pendaftaran mahasiswa baru untuk masing-masing universitas adalah:

Pendaftaran Mahasiswa Baru Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Pendaftaran dibuka tanggal :
• Mei s/d Juni 2010 (Gelombang I)
• Juli 2010 (Gelombang II)
Sekretariat Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru ISI Yogyakarta:
Gedung Rektorat, Jalan Parangtritis Km.6,5 Sewon, Bantul.
Telepon (0274) 379133, 373659
Fax (0274) 371233.
Untuk informasi lebih lanjut bisa mengunjungi: http://www.isi.ac.id/main/index.php?categoryid=50

Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas Gadjah Mada Yogyakarta

• Pendaftaran dibuka pada tanggal: 21 Januari s.d. 16 Maret 2010
• Ujian Tulis dilaksanakan pada: Minggu, 28 Maret 2010.
Sekretariat Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru UGM:
Kantor Pusat UGM, Lt. III Sayap Selatan, Bulaksumur, Yogyakarta – 55281.
Telp. (0274) 551222, 6491808, 6491919
Fax. (0274) 551222
Email : umugm@ugm.ac.id
Untuk informasi lebih lanjut bisa mengunjungi Website: http://um.ugm.ac.id

Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas Negeri Yogyakarta

• Pendaftaran tanggal 17 Mei s.d. 11 Juni 2010
• Pelaksanaan ujian tanggal 16 dan 17 Juni 2010.
• Ujian Keterampilan tanggal 18 dan 19 Juni 2010.
Sekretariat Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru UNY:
Universitas Negeri Yogyakarta
Kampus Karangmalang, Yogyakarta, 55281
Telp. (0274) 520325, (0274) 586168 psw. 313, 239
E-mail: pmb@uny.ac.id
Untuk informasi lebih lanjut bisa mengunjungi homepage: http://pmb.uny.ac.id

Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

• Pendaftaran Jalur Reguler I: 31 Mei – 30 Juni 2010
• Pendaftaran Jalur Reguler II: 2 – 6 Agustus 2010

Sekretariat Penerimaan Mahasiswa Baru UIN Sunan Kalijaga
Gedung Direktorat Admisi, Promosi, dan Kerja Sama Internasional/ Directorate for Admission, Promotion, and International Cooperation (DAPIC) UIN Sunan Kalijaga
Jl. Marsda Adisucipto Yogyakarta 55281
Telp. (0274) 558254, 589621, 512474,
Fax. (0274) 586117, (0274) 519661
Email:pmb@uin-suka.ac.id
Untuk informasi lebih lanjut bisa mengunjungi Website: http://pmb.uin-suka.ac.id

Di atas telah penulis berikan informasi tentang universitas dan institut ternama di Yogyakarta. Tentu sebagai siswa-siswi dari Sumatera Barat, terkesan jauh jika merantau ke tanah Jawa. Apalagi Yogyakarta lebih jauh dari Bogor, Jakarta dan Bandung. Untuk masalah ini jangan takut. Sebab di Yogyakarta, Pemerintah Daerah Sumatera Barat telah mendirikan asrama mahasiswa dan asrama mahasiswi bagi pelajar-pelajar Sumatera Barat yang menempuh pendidikan di Yogyakarta. Asrama Mahasiswa “Merapi Singgalang” untuk yang putra dan Asrama Mahasiswi “Bundo Kanduang” buat yang putri. Fasilitas asrama ini bisa didapatkan dengan biaya yang murah, hanya Rp. 35.000/bulan. Itupun sudah dengan berbagai fasilitas yang teramat komplit untuk mahasiswa. Tersedia pula internet yang bisa diakses di kamar masing-masing selama 24 jam tiap harinya.

Selain itu, asrama Pemda Sumatera Barat ini dibimbing oleh para professor dan intelektual Minang yang berkiprah di Yogyakarta antara lain: Prof. Kamal Mukhtar (Guru Besar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta), Dr. Rahmat Ali (Direktur Bank Danagung Yogyakarta), Hj. Huda. S. Abdul Quddus (Owner Hotel Ishiro Yogyakarta), Prof. Burhanuddin Daya (Guru Besar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta), Prof. Syafri Syairin (Guru Besar Antropologi UGM Yogyakarta), Prof. Djalal Tanjung (Guru Besar F. Geografi UGM Yogyakarta), Prof. Rusdi Lamsudin ( Guru Besar F. Kedokteran, Dekan F. Kedokteran UII Yogyakarta), Kolonel (Purn). Syamsu Anwar, Rizal Yaya, S.E., M. Sc. ( Dosen Ekonomi UMY, Alumni International Islamic University Malaysia)., Hj. Ismilna Lukman ( Owner Lukman Offset- Offset Terbesar di Yogyakarta), dan Tedy Alamsyah ( Direktur BPR Danagung Bakti Yogyakarta, Owner R.M Kapau Melawai Yogyakarta).

Tak hanya itu, Asrama Pemda Sumatera Barat di Yogyakarta ini telah meraih berbagai prestasi berskala nasional seperti Juara II Lomba Lintas Alam tingkat Nasional Februari 2010, dan Juara 1 Lomba Marketing Nasional yang diadakan oleh Telkom. Berdiri sejak tahun 1960-an, asrama “Merapi Singgalang” dan “Bundo Kanduang” telah melahirkan alumni-alumni yang bergerak di berbagai bidang seperti Bank Indonesia, Slumberger, PLN, Dosen UGM, PT. Semen Padang, Samsung, Bank Niaga, UNDP PBB dan lain sebagainya. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang asrama pemda ini, bisa mengunjungi https://mersi.wordpress.com.

So, nunggu apalagi? Segera siapkan dirimu menuntut ilmu di Jogjakarta..:)

About admin

asrama mahasiswa sumatera barat merapi singgalang yogyakarta

Posted on 22 Februari 2010, in Informasi. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: