Uda Rio: Alumni Asrama Pencipta Program Belajar Lewat Ponsel


Di zaman sekarang sulit rasanya hidup tanpa handphone. Tak lagi sekedar digunakan untuk sms-an atau nelpon, tapi handphone sudah dilengkapi fasilitas internet, serta digunakan untuk sms banking, dan teleconference. Tapi masih sedikit yang menjadikan handphone sebagai media pembelajaran. Peluang itulah yang dilirik oleh GCM ednovatio yang didirikan oleh para alumni UGM. Sebagai lembaga pendidikan baru, GCM melangkah lebih jauh dibandingkan lembaga bimbingan belajar yang sudah eksis seperti Nurul Fikri, SSC, Neutron, Primagama ataupun Ganesha. Kreativitas ala UGM mereka buktikan lewat penemuan terbaru, “Belajar lewat handphone”.

Rekor MURI dan penghargaan dari Menpora pada bulan Mei lalu menjadi reward atas keberhasilan mereka menciptakan inovasi terbaru dalam pembelajaran berbasis teknologi itu.

Yang menarik, salah satu otak di balik kehadiran penemuan baru ini adalah Uda  Rio Winanda Tandjung (alumnus Teknik Nuklir UGM), salah seorang alumni Asrama Merapi Singgalang angkatan 1997. Pada bulan Desember 2009 yang lalu, penemuan ini sempat dikenalkan kepada siswa-siswi SMAN 1 Muaro Labuah Solok Selatan Sumbar, yang kebetulan sedang study tour ke Jogjakarta.

Cara kerja program berbasis Java ini cukup unik. Setelah diinstall di hp, maka siswa dapat belajar dimanapun selama membawa hp. Selain koleksi soal yang berjibun, program ini juga dilengkapi pembahasan yang mudah dipahami. Lengkap memuat pelajaran-pelajaran yang diujikan di UAN dan SNMPTN seperti MATEMATIKA IPA, FISIKA, KIMIA, B. INGGRIS, AKUNTANSI, GEOGRAFI , MATEMATIKA IPS, BIOLOGI, B. INDONESIA, EKONOMI, SEJARAH, dan SOSIOLOGI. Selain itu, secara berkala server akan terus menambah soal-soal terbaru secara otomatis.

So, selamat buat uda Rio yang telah berhasil menciptakan terobosan baru dalam pembelajaran siswa-siswi di Indonesia.  Memang Asrama Mersi terus memberikan kontribusi berharga buat bangsa ini melalui sepak terjang para alumninya. Bravo Mersi…

About admin

asrama mahasiswa sumatera barat merapi singgalang yogyakarta

Posted on 20 Juli 2010, in Berita Asrama. Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. satu kata buat rio :SALUT.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: