Idul Adha di Asrama


Hari Raya Idul Adha 1431 H kali ini berbeda dari hari raya sebelumnya. Tidak saja di bawah ancaman hujan debu akibat erupsi Gunung Merapi, tapi juga amanah untuk menyembelih hewan kurban untuk pengungsi Merapi.

Dimulai dari Hari Selasa 17 November 2010, selepas sholat i’ed yang diiringi gerimis, warga asrama langsung meluncur ke Wonosari untuk menyalurkan  2 ekor sapi sumbangan dari alumni Baringin Mudo Jakarta. Rombongan dipimpin oleh Mami Quddus, salah satu pengurus Yayasan Baringin sekaligus Pendiri Asrama.

Hari Rabu, beberapa anak asrama yang bermazhab pemerintah turut sholat i’ed di lapangan Karangwaru. Jam 8.30, sebagian warga asrama sudah bersiaga di halaman Masjid Istiqomah untuk melakukan penyembelihan hewan kurban bersama warga kampung Karangwaru. Sementara beberapa orang berangkat menuju pasar untuk membeli bumbu-bumbu untuk memasak jatah kurban yang diberikan oleh panitia masjid kepada asrama.

Belum hilang lelah, hari Kamis 19 November 2010, giliran sapi sumbangan alumni asrama yang bekerja di Jakarta yang disembelih. Kali ini seluruh warga berkolaborasi untuk menaklukan satu sapi. Mulai dari penyembelihan yang dibantu oleh takmir masjid, Bapak Dr. Mashudi Muqorrobin, pengulitan, memotong daging, mencincang tulang, membersihkan jeroan, sampai proses memasak. Praktis dari jam 6 pagi sampai malam seluruh warga bekerja tiada henti.

Amanah yang diberikan alumni atas satu sapi ini adalah mengolah daging menjadi rendang, dendeng, dan kalio. Selanjutnya hasil olahan itu dibungkus bersama nasi dan dikirimkan ke barak-barak pengungsian Merapi. Menyewa mobil avanza, team penyerahan makanan asrama bergerak sebelum Jum’atan 20 November 2010 menuju daerah Magelang.

Ya, begitulah cerita singkat Idul Adha di asrama tahun ini yang penuh misi kemanusiaan…:)

NB: Foto-foto lengkapnya bisa diklik di sini

About admin

asrama mahasiswa sumatera barat merapi singgalang yogyakarta

Posted on 8 Desember 2010, in Berita Asrama. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: