Perantau Minang Jogja Helat Pengajian Akbar Jelang Ramadhan


Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam selalu bergembira ketika menyambut kedatangan bulan Ramadhan. Karena selama bulan suci ini, Allah membuka ladang kebaikan bagi kaummuslimin untuk menghapus dosa, sehingga pada momen Idul Fitri bisa kembali meraih fitrah. Itulah salah satu materi ceramah yang disampaikan oleh Buya Mas’oed Abidin pada “Pengajian Akbar” menyambut bulan Ramadhan 1432 H yang diadakan oleh Ikatan Keluarga Minangkabau Yogyakarta (IKBMY) kemarin malam (Ahad, 17 Juli 2011), bertempat di Asrama Mahasiswa Sumatera Barat “Merapi Singgalang” Yogyakarta.

Puasa merupakan momen melatih kesabaran dan kesyukuran. Karena dua sifat inilah yang membuat Rasulullah bangga dengan umat Islam. Mengutip ungkapan seorang ulama besar Minang, Datuak Panglima Kayo, Buya Mas’oed mengatakan, “Sabar itu ibarat awan di angkasa. Jika dilihat dari bawah, tampak tenang. Tapi sesungguhnya awan itu bergerak cepat di angkasa.” Artinya, orang yang sabar itu adalah orang yang tetap kelihatan tenang, meskipun dalam dirinya terjadi gejolak yang luar biasa.

Keberhasilan di rantau merupakan anugerah yang selayaknya disyukuri. Termasuk juga, kesempatan bisa menempuh pendidikan di Yogyakarta. Oleh karena itu, Buya memesankan kepada masyarakat Minang yang ada di Yogyakarta untuk tetap memikirkan keadaan kampung halaman. Terutama bagi mahasiswa, Ketua MUI Sumatera Barat ini menasehatkan, “Cepat selesaikan kuliah. Segera pulang ke kampung. Karena banyak tugas yang menanti adinda.”

Pengajian akbar ini merupakan pengajian perdana yang dihelat oleh pengurus IKBMY yang baru dilantik pada bulan Mei 2011 kemarin. Selain dihadiri oleh mahasiswa-mahasiswi Minang yang sedang menempuh pendidikan di berbagai universitas di Yogyakarta, dan masyarakat Minang yang ada di Yogyakarta, pengajian ini juga dihadiri oleh Dr. H. Fauzi Bahar (Walikota Padang), Hanafi Rais (Putera Sulung Prof. Amien Rais), dan tokoh-tokoh Minang yang ada di Yogyakarta.

About admin

asrama mahasiswa sumatera barat merapi singgalang yogyakarta

Posted on 20 Juli 2011, in Berita Asrama. Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. aslmualikum..
    untuk lebaran tahn ini gak da acara pulang basamo???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: