Irma (BK 2010) Jadi 10 Besar Duta Bahasa DIY


Ade Irma Suryani, A.md.Keb., (Bundo Kanduang 2010) beberapa waktu yang lalu turut berkompetisi dalam pemilihan duta bahasa DIY yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Pusat bekerja sama dengan Balai Bahasa Provinsi Yogyakarta. Lomba ini diadakan dalam 4 tahap penyaringan yaitu seleksi berkas, tes UKBI (Ujian Kemahiran Bahasa Indonesia), Wawancara dan Uji Bakat, Persentasi Makalah. Dari 4 tahap itu Ade irma Suryani, Amd.Keb., bersaing dengan peserta lain yang berasal dari UGM, UIN, STIKES ‘Aisyiyah, Atmajaya, UPN, UII, dan kampus lainnya yang ada di Yogyakarta.

Pemilihan Duta Bahasa ini bertujuan untuk mencari duta bahasa yang akan menyosialisasikan bahasa Indonesia yang baik sesuai denan EYD bahasa Indonesia sebagai bahasa yang wajib dipelajari untuk berkomunikasi secara global ke masyarakat Indonesia secara umumnya dan Jogja Khususnya. 20 Finalis nantinya akan bertugas sebagai Duta Bahasa di Yogyakarta.

Dari hasil 4 tahap penyaringan ini, Ade Irma Suryani, Amd.Keb., berhasil masuk ke 10 besar kategori putra dan putri setelah menyisihkan 100 orang peserta dari berbagai kampus di Jogja. Kompetisi ini dimulai dari seleksi berkas.

Dari 100 aplikasi yang masuk disaring menjadi 40 orang untuk seterusnya mengikuti Ujian Kemahiran Bahasa Indonesia (9 September 2013), kemudian disaring menjadi 20 orang untuk ikut tes wawancara dan uji bakat (16 September 2013), dan disaring lagi menjadi 10 orang unruk mempersentasikan makalah tentang sastra dan bahasa Indonesia (23 September 2013). Dari ujian UKBI Ade Irma mendapatkan skor 700 dan masuk ke dalam kategori sangat unggul dan di kategori putri dia masuk dalm peringkat teratas. Dan akhirnya dipasangkan dengan mahasiswa UPN jurusan Teknik Geologi 2008. Dalam uji bakat dia menampilkan bakat baca puisi, modeling catwalk dan tari daerah Yogyakarta.

Adapun juri dalam lomba ini adalah Widyastuti, S.S, M.Hum (Kepala Seksi Pembinaan dan Pelestarian Seni dan Cagar Budaya, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Yogyakarta), Drs.Umar Sidik, S.I.P, M.Pd : Dewan Redaksi Balai Bahasa Prov DIY, Analisa Widyaninggrum, S.Psi (Psikologi UGM).

About admin

asrama mahasiswa sumatera barat merapi singgalang yogyakarta

Posted on 23 September 2013, in Kiprah Alumni. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: